RSS

arti masa lalu

18 Feb

Tak sengaja saya membaca kutipan dari sebuah sajak yg berbunyi begini:
jikalah DERITA akan menjadi masa lalu pada akhirnya,mengapa mesti dijalani dengan sepedih rasa,
Sedang KETEGARAN akan lebih indah dikenang nanti. Jika KESEDIHAN akan menjadi masa lalu pada akhirnya,mengapa tidak DINIKMATI saja,Sedang ratap tangis tak akan mengubah apa-apa.
Jikalah LUKA dan KECEWA akan menjadi masa lalu pada akhirnya, mengapa mesti dibiarkan meracuni jiwa,
Sedang KETABAHAN dan KESABARAN adalah yang lebih utama. Jikalah KEBENCIAN dan KEMARAHAN akan menjadi masa lalu pada akhirnya, mengapa mesti diumbar sepuas jiwa, Sedang MENAHAN DIRI adalah lebih berpahala.Jikalah KESALAHAN akan menjadi masa lalu pada akhirnya, mengapa mesti tenggelam di dalamnya,
Sedang TAUBAT itu lebih utama. Jikalah HARTA akan menjadi masa lalu pada akhirnya,mengapa mesti ingin dikukuhi sendiri,Sedang KEDERMAWANAN justru akan melipat gandakannya. Jikalah KEPANDAIAN akan menjadi masa lalu pada akhirnya,mengapa mesti membusung dada dan membuat kerusakan di dunia, Sedang dengannya manusia diminta MEMIMPIN dunia agar sejahtera. Jikalah CINTA akan menjadi masa lalu pada akhirnya,mengapa mesti ingin memiliki dan selalu bersama,Sedang MEMBERI akan lebih banyak menuai arti.
Jikalah BAHAGIA akan menjadi masa lalu pada akhirnya, mengapa mesti dirasakan sendiri, Sedang BERBAGI akan membuatnya lebih bermakna. Jikalah HIDUP akan menjadi masa lalu pada akhirnya,mengapa mesti diisi dengan kesia-siaan belaka,Sedang begitu banyak KEBAIKAN bisa DICIPTA.

ku coba memaknai kutipan ini…. ternyata semua yang ada dalam asa dan rasa yang tersimpan dalam kehidupan akan menjadi masa lalu.. dan semua akan menjadi kenangan, lalu bagaimanakah kita akan menyikapi hidup jika semua akan menjadi masa lalu? dalam kontens ini bisa diartikan bahwa manusia tidak bisa lepas dari masa lalu.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 18 Februari 2011 inci cinta

 

Tinggalkan komentar